Home » » OLAHRAGA EFEKTIF PEMBAKAR KALORI

OLAHRAGA EFEKTIF PEMBAKAR KALORI

Written By RUMAH SEHAT IBNU MALKAN melayani terapi lebah, lintah, gurah, ruqyah, bekam hijamah, bio listrik, akupunktur, akupresure, diagnosa, pelatihan online on Rabu, 07 Februari 2018 | 08.06

OLAHRAGA EFEKTIF PEMBAKAR KALORI

Olahraga yang Efektif untuk Pembakaran Kalori 

Memilih olahraga yang tidak didasari oleh hobi gampang-gampang susah. Pilihannya begitu banyak mulai dari jenis olahraga sederhana dengan peralatan yang simpel atau bahkan tanpa perlu peralatan pendukung, hingga olahraga rumit karena memerlukan alat bantu yang sulit dan mahal.

Kesulitan memilih jenis olahraga biasanya terjadi karena ingin mencapai target tertentu, semisal, ingin cepat menurunkan berat badan karena penambahannya sudah mulai tidak terkontrol. Atau karena baru terdeteksi memiliki indikasi kesehatan tertentu yang mengharuskan seseorang berolahraga rutin. Olahraga jenis apa yang akan dipilih?

Sebenarnya, memilih olahraga tak perlu satu jenis, asal hasilnya optimal. Bahkan untuk menghindari kebosanan, bisa dicoba beberapa jenis olahraga dalam rentang waktu tertentu.

Berikut ini beberapa jenis olahraga yang cukup efektif membakar kalori. Bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau menjaga tubuhnya tetap optimal pada ukuran ideal, olahraga berikut bisa jadi pilihan:

1. Kickboxing
Olahraga campuran antara bertinju dan menendang ini ternyata bisa membakar 800 kalori setiap jamnya. Konon, ini olahraga lelaki, namun belakangan mulai disukai kaum Hawa juga, mulai dari remaja puteri hingga ibu-ibu muda. Di Jakarta sudah banyak sasana Kickboxing yang peminatnya para perempuan. Mereka berlatih memang bukan hendak berlaga di arena namun karena menyadari efektifnya kickboxing bagi kesehatan tubuh.

Kickboxing menawarkan latihan tubuh secara penuh karena menggunakan seluruh otot-otot. Olahraga ini dianggap cocok untuk menurunkan berat badan karena keampuhan membakar kalori tadi. Selain itu, dalam interval waktu tertentu selalu ada jeda, sehingga detak jantung tak terus-terusan dipompa.

2. Bersepeda
Olahraga ini makin populer di Indonesia. Tumbuhnya komunitas-komunitas bersepeda dan makin tingginya kesadaran orang akan manfaat bersepeda membuat kendaraan ini semakin diminati. Di kota-kota besar, ke kantor pun sudah banyak yang menggunakan sepeda baik secara sendiri-sendiri maupun berkelompok. Selain menyehatkan bersepeda juga bisa mengurangi polusi udara.

Dari sisi manfaat kesehatan, bersepeda merupakan olahraga yang cukup efektif membakar lemak tubuh, yaitu bisa membakar 700 kalori setiap jamnya. Tak perlu bersepeda kencang, dengan laju biasa saja target pembakaran kalori sebanyak itu bisa diperoleh. Namun, pembakaran sebanyak itu baru bisa dilakukan jika mampu menemuh jarak 22 km hingga 25 km dalam satu jam.

3. Zumba
Zumba adalah jenis aerobik yang mulai populer pada awal 1990-an. Aerobik ini cepat dikenal karena mengintegrasikan musik Latin dan musik internasional untuk menyelaraskan gerakan aerobiknya. Ciri khasnya, gerakannya dinamis.

Zumba sebenarnya brand aerobik yang diperkenalkan koreografer dan penari asal Kolumbia bernama Alberto Perez. Zumba memadukan aneka tarian berlatar musik Amerika Latin, seperti Salsa, Merengue, Mambo, Cha-cha, Cumbia, Flamenco, Tango, Bachata, dan lain-lain. Dari nama-nama itu saja sudah bisa dibayangkan seperti apa gerakan Zumba, fun dan lincah. Jika melakukan aerobaik Zumba selama satu jama, lemak tubuh yang terbakar bisa mencapai 500 kalori bahkan ada yang menyebutkan bisa 1000 kalori/jam. Sanggar-sanggar Zumba sudah banyak di Indonesia.

4. Loncat Tali
Lompat tali (skipping) memiliki fungsi olahraga yang efektif untuk membangun stamina tubuh. Karena itulah olahraga sederhana ini tak pernah ditinggalkan para olahragawan di bidang apa saja.

Seorang yang bukan olahragawan profesional mungkin hanya tahan 10 menit sekali skipping. Meski begitu, menurut hasil penelitian, jumlah kalori yang bisa dibakar sampai sebanyak 130 kalori/10 menit.  Jika satu jam skipping terus-menerus, kalori yang terbakar bisa mencapai 780 kalori.

Skipping juga memiliki efek yang sama dengan lari. Orang yang mampu berlari dengan kecepatan 1 mil (1,6 km) setiap delapan menit, efek pembakaran kalorinya sama dengan skipping delapan menit juga. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki keterbatasan ruang atau arena untuk berlari cocok melakukan olahraga ini.

5. Aerobic Step Classes
Dalam kelas aerobik, ada jenis latihan yang menggunakan pijakan (step) untuk naik turun—semacam naik-turun anak tangga. Jenis latihan ini ternyata memiliki efek yang besar terhadap pembakaran lemak tubuh. Namun kualitas pembakarannya tergantung tinggi-rendahnya pijakan yang digunakan. Makin tinggi pijakannya makin besar kemampuan gerakan ini dalam membakar lemak. Pijakan setinggi 6 inchi (15,24 cm) bisa membakar 600 kalori dalam satu jam jika terus-menerus dilakukan, dengan kaki bergantian.

6. Lari
Olahraga yang paling gampang adalah lari. Tanpa perlu alat bantu mahal, setiap orang bisa melakukan lari di mana saja dan kapan saja sejauh ruang dan tempatnya memungkinkan.  Menurut WebMD kalkulator kalori, seseorang yang bertubuh dengan berat 145 pounds (65,7 kg) dan terus berlari dengan kecepatan 1 mil (1,6 km) per 10 menit, bisa membakar lemak tubuhnya sebanyak 650 kalori/jam. Akan tetapi lari sepanjang satu jam dengan kecepatan yang terjaga konstan bukan perkara mudah. Jika belum terbiasa, jangan dipaksakan karena ada solusinya: kombinasikan antara lari dan jalan kaki. Misalnya lari tiga menit, kemudian jalan cepat satu menit dan seterusnya. Latihan seperti ini bisa meningkatkan stamina tubuh dan membakar lemak.

Nah, jenis olahraga mana yang akan dipilih? Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kondisi tubuh Anda!

Salam
RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307
 

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Trima kasih atas komentarnya. Informasi whatshaat 085746950549

Whatsapp

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNUMALKAN/LEBAH/LINTAH/AKUPUNTUR/AKUPRESUR/BEKAM/GURAH/RUQYAH/DIAGNOSA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger