Home » » KANDUNGAN RACUN LEBAH

KANDUNGAN RACUN LEBAH

Written By RUMAH SEHAT IBNU MALKAN melayani terapi lebah, lintah, gurah, ruqyah, bekam hijamah, bio listrik, akupunktur, akupresure, diagnosa, pelatihan online on Jumat, 14 Desember 2018 | 09.29

KANDUNGAN DALAM RACUN LEBAH
Melittin: zat yang utama dalam racun lebah, adalah salah satu zat anti-peradangan yang paling kuat (100 kali lebih kuat dibandingkan hydrocortisol). Melittin juga menstabilkan membran sel lisosom untuk melindungi terhadap peradangan.
Apamin: menghambat aktivitas komplemen C3, dan blok saluran kalium dan kalsium -dependent, sehingga meningkatkan transmisi saraf.
Melittin dan Apamin: ditemukan dalam racun lebah untuk merangsang kelenjar hipofisis pada manusia dan hewan, melepaskan hormon yang menyebabkan kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol sebagai salah satu zat anti-inflamasi utama tubuh !
Adolapin: merupakan zat anti-inflamasi yang kuat, dan menghambat siklooksigenase, sehingga mempunyai aktivitas analgesik juga.
Peptida 401 (MDC peptida): menghambat asam arakhidonat dan menghambat sintesis prostaglandin.
Protease inhibitor: menghambat karagenan, prostaglandin E1, bradikinin, dan radang yang diinduksi histamin.

Dari berbagai referensi literatur, dapatlah diambil beberapa kesimpulan tentang RACUN LEBAH (BEE VENOM) yang digunakan dalam pengobatan (terapi).
Landasan Apitherapy
Keunggulan terapi racun lebah terutama karena sifat hemoragik dan neurotoksik dan sebagai analgesik dan anti-inflamasi tingkat tinggi. Racun lebah jauh lebih kuat daripada antibiotik lainnya di laboratorium. Ini adalah alasan dan efek biologis Apitherapy untuk digunakan terapi dan profilaksis (pencegahan) terhadap berbagai penyakit.
Sifat Farmakologi, efek dan kerja racun lebah.
Racun lebah terdiri dari 3 enzim utama:
peptida 401, salah satu anti-inflamasi yang paling kuat.
apamin, efektif menekan nyeri, analgesik.
Melittin, yang bekerja pada sistem kekebalan tubuh ketika mendapatkan serangan dan memperbaiki antibodi pada persendian. Racun lebah jauh lebih kuat daripada antibiotik lain.
Racun lebah.
Penggunan racun dianggap invasif dari sudut pandang kedokteran dan yang mungkin berbahaya jika tidak diambil tindakan yang tepat. Manfaat terapeutik racun lebah terutama karena sifat hemoragik dan neurotoksik. Efek dari racun ini adalah:
Melebarkan pembuluh darah, mempercepat dan meningkatkan sirkulasi darah.
Racun Lebah memiliki antikoagulasi yang  menonaktifkan plasma dan jaringan tromboplastin, yang menyebabkan pemenurunan aktivitas trombin.
Efek perdarahan berat (diproduksi oleh globulin).
memiliki sifat antitumor. Menghambat proliferasi dan menginduksi apoptosis dalam sel kanker, terutama oleh melittin.
Pengaruh pada sistem korteks, hipofisis adrenal dan merangsang produksi kortikosteroid endogen.
Hipotensi (maka, sebelum menyuntikkan pasien perlu menyediakan vitamin C dan kafein, ini mencegah kemungkinan hypotonia).
Memiliki tindakan neurotropic, yaitu, meningkatkan metabolisme sistem saraf pusat dan perifer.
menghilangkan depresi kelenjar adrenal, yang dihasilkan oleh aksi hormon steroid.
memiliki efek bakteriostatik.
memiliki efek anestesi lokal.
Meningkatkan fungsi hati.
Meningkatkan aktivitas otak.
Menyembuhkan penyakit miokardium.
Peningkatan aktivitas fibrinolitik darah dan dapat digunakan untuk menghilangkan keadaan prethrombotic pasien aterosklerosis dan tromboflebíticos.
Memiliki aktifits terhadap kekebalan tubuh dalam pengobatan penyakit rematik.
Memiliki tindakan hemolitik (diproduksi oleh hemolisin) leucolítica, plasmolítica dan sirkulasi darah.
Meningkatkan unsur nitrogen dalam urin.
Mempercepat pernapasan.
tiga belas kali lebih kuat dari antioksidan flavonoid routin.
Menurunkan kolesterol.
Meningkatkan urat.
Meningkatkan metabolisme, merangsang berbagai proses metabolisme seperti metabolisme tulang (mempercepat penyembuhan fraktur), meningkatkan pasokan oksigen, memberikan kehangatan.
Peningkatan pembuangan racun.
Menurunkan kolesterol.
Secara signifikan meningkatkan peristaltic usus.
Menghambat pembengkakan dan menghilangkan nyeri, memiliki polipeptida dengan aktivitas anti-inflamasi (100 kali lebih besar dari hidrokortison).
Memiliki sifat antiaritmia: menghilangkan aritmia disebabkan oleh eksitasi liseksitasi listrik dan inokulasi strophantine.

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia." [QS. An-Nahl : 68]

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan." [QS. An-Nahl : 69]

Mengutip surat An-Nahl ayat 69 di atas, dijelaskan bahwa bahan yang dapat dijadikan obat penyembuh bagi manusia adalah bahan yang keluar dari perut lebah dengan bermacam-macam warnanya. Pada ayat tersebut juga tidak menyatakan obat untuk spesifik penyakit tertentu, dan fakta di lapangan membuktikan bahwa berbagai penyakit dapat disembuhkan melalui produk perlebahan terutama propolis lebah.

Di dalam Al-Quran diterangkan secara jelas bagaimana lebah diperintah oleh Allah SWT untuk membuat sarang dengan mengambil makanan (getah) dari berbagai jenis tumbuhan untuk dijadikan madu dan produk lebah lainnya, termasuk propolis sebagai obat penyembuh untuk berbagai jenis penyakit. Lebah memang makhluk istimewa, ia merupakan makhluk Allah SWT yang memberi manfaat dan kenikmatan bagi manusia.

Semoga menjadi Ilmu yang Bermanfaat, amin ....

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Trima kasih atas komentarnya. Informasi whatshaat 085746950549

Whatsapp

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNUMALKAN/LEBAH/LINTAH/AKUPUNTUR/AKUPRESUR/BEKAM/GURAH/RUQYAH/DIAGNOSA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger