Home » » 10 MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR

10 MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR

Written By RUMAH SEHAT IBNU MALKAN melayani terapi lebah, lintah, gurah, ruqyah, bekam hijamah, bio listrik, akupunktur, akupresure, diagnosa, pelatihan online on Rabu, 07 Februari 2018 | 07.47

10 MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR

Sama halnya dengan tubuh, otak juga membutuhkan nutrisi yang sehat untuk memaksimalkan kemampuannya. Seperti yang dilansir dari laman bbcgoodfood.com.

Berikut ini daftar 10 makanan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kita:

1. Biji-bijian: Kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan fokus, datang dari suplai energi yang memadai dalam bentuk glukosa dalam darah yang mengalir ke otak. Pilihlah biji-bijian dengan kadar indeks glikemik yang rendah, yang akan melepaskan glukosa secara perlahan dalam aliran darah Anda. contohnya: ‘brown’ cereals, wheatbran, granary bread, dan brown pasta.

2. Ikan: tubuh membutuhkan omega 3 yang terkandung alami di dalam ikan. Begitu juga dengan EPA (berfungsi dalam membantu pembentukan sel-sel darah dan jantung, menyehatkan sistem peredaran darah dengan melancarkan sirkulasi darah) dan DHA (berfungsi sebagai jaringan pembungkus saraf yang berperan dalam melancarkan perintah saraf dan mengantarkan rangsangan saraf ke otak). Ikan berminyak mengandung EPA dan DHA dalam bentuk alami yang bisa langsung dicerna oleh tubuh dengan mudah. contoh ikan berminyak antara lain: Salmon, Trout, Makarel, Herring, dan Sarden.

3. Blueberry: hasil penelitian yang dilakukan oleh Tufts University di Amerika Serikat menyatakan, konsumsi blueberry efektif dalam meningkatkan kemampuan otak menyimpan memori.

4. Tomat: mengandung antioksidan yang bisa membantu melindungi dari kerusakan radikal pada sel otak yang mungkin bisa timbul dalam perkembangan penyakit demensia terutama Alzheimer.

5. Vitamin: Vitamin B seperti B6, B12 dan asam folat berfungsi untuk mengurangi kadar homocysteine dalam darah. Kadar peningkatan homocysteine dalam darah dapat dikaitkan dengan aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah) serta peningkatan risiko serangan jantung, stroke, pembentukan bekuan darah, dan mungkin penyakit Alzheimer.

6. Blackcurrant: mengandung vitamin C yang penting untuk meningkatkan kecerdasan.

7. Pumpkin seeds: Segenggam pumpkin seeds sehari bisa memenuhi kebutuhan zat seng (zinc) dalam tubuh yang penting untuk meningkatkan ingatan dan kemampuan berpikir. Kebutuhan tubuh akan zat mineral ini juga bisa didapatkan dari kerang, kepiting, daging sapi, daging kambing, hati, kacang tanah, keju dan rempah/bumbu makanan (spices). 

8. Brokoli: Sayuran ini mengandung vitamin K yang penting untuk meningkatkan fungsi kognitif dan kemampuan otak.

9. Sage: Hasil studi membuktikan rempah asal Eropa ini bisa membantu meningkatkan memori Anda.

10. Kacang-kacangan: Hasil studi yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology bahwa konsumsi vitamin E yang cukup bisa membantu mencegah berkurangnya kemampuan ingatan, terutama pada usia lanjut.

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Trima kasih atas komentarnya. Informasi whatshaat 085746950549

Whatsapp

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNUMALKAN/LEBAH/LINTAH/AKUPUNTUR/AKUPRESUR/BEKAM/GURAH/RUQYAH/DIAGNOSA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger