Home » » BELAJAR SEHAT DARI TRADISI DUNIA

BELAJAR SEHAT DARI TRADISI DUNIA

Written By RUMAH SEHAT IBNU MALKAN melayani terapi lebah, lintah, gurah, ruqyah, bekam hijamah, bio listrik, akupunktur, akupresure, diagnosa, pelatihan online on Rabu, 07 Februari 2018 | 23.40

BELAJAR SEHAT DARI TRADISI DUNIA

Peribahasa menyebutkan, mencegah (penyakit) jauh lebih murah ketimbang mengobati. Namun banyak yang malas melakukannya karena berbagai sebab. Sekarang kita bisa memulainya dengan meniru tradisi sehat berbagai negara karena murah dan simpel.
Menurut Dr. Oz, ahli bedah yang populer di Amerika Serikat, tiap-tiap budaya memiliki cara hidup sehat sendiri yang pantas ditiru.

Panama

Profesor asal Harvard University Norman Hollenberg, MD, PhD, melakukan penelitian terhadap suku Kuna di Kepulauan San Blas, Panama, yang memiliki tradisi minum minimal lima cangkir cokelat. Ternyata mereka memiliki risiko 10 persen lebih rendah terkena kanker, diabetes, stroke, dan sakit jantung.

Menurut Dr. Oz, siapapun bisa mengambil manfaat seperti yang mereka dapatkan untuk kesehatan jantung dengan cara membuat adonan seperti ini. Ambil satu sendok bubuk kakao murni, campur dengan madu secukupnya lalu masukkan ke dalam susu hangat. Cara ini bisa mendapatkan "flavonoid" karena umumnya zat ini dibuang selama proses pengolahan kakao (cokelat).

Jepang

Orang-orang Jepang memiliki usia lebih panjang dibanding penduduk negara lain di dunia. Mungkin karena negara ini merupakan negara yang memiliki penduduk kegemukan paling sedikit di dunia. Salah satu tradisi yang mungkin membuat mereka bisa mengontrol asupan kalorinya adalah tradisi yang disebut Hara Hachi Buyang artinya makan sampai merasa 80 persen penuh. Jadi bukan makan hingga merasa benar-benar full. Sebenarnya dengan merasa 80 persen penuh saja, perut sudah benar-benar penuh tetapi otak belum mengetahuinya.
Agar bisa sampai pada titik "merasa 80 persen penuh", coba kunyah makanan dengan baik (idealnya sebanyak 20 kali) sebelum menelannya. Memperlambat cara makan akan memudahkan untuk mengenali kapan 80 persen penuh itu sudah dicapai.

Belanda

Negara ini dikenal sebagai negara sepeda. Begitu merakyatnya kendaraan ini sampai ke mana pun mata memandang pasti ada orang yang mengendarai si roda dua ini. Statistik menyebutkan bahwa rata-rata orang Belanda memiliki harapan hidup 14 bulan lebih lama karena selalu menggunakan sepeda untuk menempuh perjalanan jarak pendek.
Amat gampang menirunya. Luangkan waktu untuk sekali-sekali menggunakan sepeda saat pergi ke tempat kerja. Jika tak memungkinkan, bisa juga dengan cara bersepeda di waktu senggang. Namun yang harus diperhatikan, setidaknya melakukan olahraga 30 menit sekali latihan dan sekurang-kurangnya tiga kali dalam seminggu.

India

Makanan India memang kaya akan adonan atau kuah yang disebut kari. Kari terbuat dari kunyit dan bumbu-bumbu lain yang merupakan olahan tradisi Ayurveda selama ribuan tahun. Penelitian menyebutkan bahwa kunyit dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer karena kandungan antioksidan dan anti-inflamasi serta bisa meningkatkan imunitas tubuh yang bisa mencegah terjadinya pemblokiran plak atau menghapus plak pada otak. Penelitian juga menemukan bahwa daerah yang penduduknya memiliki tingkat Alzheimer terendah di dunia ternyata berada di India bagian utara yang konsumsi kunyitnya tinggi.

Untuk mendapatkan khasiat yang sama, kita bisa membuat kari ayam dengan takaran sayurannya yang lebih banyak. Setidaknya menu ini hadir seminggu sekali dalam daftar makanan kita.

Yunani

Suatu penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 23.000 orang dewasa Yunani telah mengungkapkan rahasia hidup panjang mereka, yang merupakan warisan turun-temurun, yaitu tidur siang. Dibanding mereka yang melek sepanjang hari, mereka yang menyempatkan diri untuk tidur siang barang 30 menit setidaknya tiga kali dalam seminggu, memiliki risiko 37 persen lebih rendah dari kematian akibat serangan jantung.

Cara mengikutinya memang gampang. Usahakan tidur siang di saat istirahat (pada jam makan siang) setidaknya tiga kali dalam seminggu. Hanya saja, tak setiap orang mendapat kesempatan ini. Di kantor-kantor atau dalam pekerjaan tertentu, napping bahkan sangat tidak memungkinkan. Akan tetapi, kita bisa mengambil kesempatan di akhir pekan. Saat libur gunakan kesempatan untuk tidur siang beberapa saat.

Dari tradisi sehat itu, ternyata untuk mendapatkan hidup sehat tidak selalu mahal. Bahkan terkesan simpel dengan ongkos yang murah. Sekarang, tinggal bagaimana melakukannya agar hidup kita lebih sehat.

RUMAH SEHAT IBNU MALKAN
www.ibnumalkan.com
085746950549
081217477307

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Trima kasih atas komentarnya. Informasi whatshaat 085746950549

Whatsapp

facebook

twitter

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. RUMAH SEHAT IBNUMALKAN/LEBAH/LINTAH/AKUPUNTUR/AKUPRESUR/BEKAM/GURAH/RUQYAH/DIAGNOSA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger